Sabtu, 05 Februari 2011

Mengenal Bawang Lebih Dekat

Aneka Jenis Bawang Umbi




Bahan yang satu ini dipastikan selalu ada di dapur karena merupakan bahan dasar dalam memasak.
Bila anda mengenal tentang bawang umbi, tentu akan bisa memanfaatkannya secara maksimal. Ada beragam macam jenis bawang umbi.
Bawang merah (shallot)
Daunnya berbentuk bulat kecil memanjang. Merupakan umbi lapis. Bila  dipotong melintang ataupun diiris, akan terlihat lapisan berbentuk cincin.
Aromanya yang pedas jika dikupas dan dibelah kadang bisa membuat mata kita pedih . Selain sebagai bumbu, juga sering dibuat acar atau bawang goreng sebagai pendamping hidangan.
Bawang putih (garlic)
Terdiri dari siung-siung kecil. Setiap siungnya dilapisi selaput tipis yang kering. Bagian luarnya dilapisi lagi oleh selaput tipis sehingga membentuk umbi yang lebih besar. Ada juga jenis bawang putih yang hanya terdiri dari satu umbi yang utuh yaitu bawang lanang.
Bawang bombai (onion)
Ukurannya lebih besar dibandingkan jenis bawang umbil yang lain. Lapisan umbinya juga lebih tebal. Bentuk dan macamnya juga beragam, ada bawang bombai kuning, merah dan putih.
Aroma bawang bombai lebih tajam namun memiliki rasa yang manis. Biasa dipakai sebagai bumbu. Dapat dipanggang ataupun digoreng bahkan bisa dimakan secara mentah, misalnya untuk campuran salad.


Tips Memilih dan Menyimpan Bawang

Pilih bawang yang masih segar, kering dan tidak bertunas. Bawang putih yang bagus agak sulit dipisahkan dari bonggolnya. Berwarna putih bersih, tidak berserabut, isinya keras dan tidak lembek.
Sebelum disimpan di dapur, sebaiknya dikeringkan agar tunas tidak tumbuh pada bawang. Bisa dengan cara dijemur dibawah sinar matahari atau cukup diangin-anginkan saja.
Hindari meyimpan di tempat tertutup, lembab dan gelap, seperti misalnya didalam lemari.
Bila tidak terlalu banyak, bisa juga menyimpan dengan cara menggantung ikatan bawang didapur atau di dekat kompor. Agar bawang mengalami pengasapan setiap kompor dinyalakan, sehingga daya awetnya lebih lama.

Tips Menghilangkan Bau Bawang


Mencincang bawang putih
Saat mengupas bawang putih, getahnya sering kali  menyebabkan bau menyengat. Dan terkadang lama dan susah hilang baunya.Berikut tips dari kami:
  • Agar tangan anda – ataupun peralatan dapur seperti pisau – tidak lengket oleh getah dan bau bawang, rendam dulu bawang putih dalam air baru kemudian dikupas dan diiris.
  • Sebelum mencincang, memarkan bawang putih terlebih dahulu dan bubuhi garam secukupnya. Ini membuat sari bawang putih tetap awet.
  • Cuci tangan anda dengan menggunakan garam untuk menghilangkan baunya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...