Selasa, 04 Agustus 2015

Lodeh Banjar




Mohon yg dari pulau jawa khususnya daerah jawa tengah jangan protes dulu ya ^^

Namanya memang lodeh tp beda dengan lodeh jawa. Lodeh itu kan putih ya ? 

Ga tau juga sih gimana asal muasalnya hingga masakan yang menurutku agak2 mirip gudeg ini ( tapi berkuah ) dinamai lodeh.

Cukup tenar. Di tempat2 yg jual lauk n sayur matang di kawasan kalselteng biasanya ada ini. Juga di catering2. Kadang isi nangka muda saja. Kadang + ayam.

Seperti gudeg juga ( semoga aku ga salah, koreksi aja ya ) biasanya bikin banyak, buat bbrp hr, sebagian dimakan, sisanya diangetin , terus begitu sampe akhirnya susut kuahnya dan habis. Makin hari makin enak, bumbunya semakin meresap.

Lodeh Banjar
Resep : Kamelia @Cozy Kitchen

Bahan :
  • 6 bungkus Nangka muda ( kmrn ketemunya agak tua ternyata, daging buang udah sedikit kuning ), potong2, rebus tiriskan.
  • 1 ekor Ayam potong2 + telur rebus bila suka.
  • 600 ml Santan instan + air 
  • 10 lembar Daun salam.
  • 3 jempol dewasa Lengkuas, geprek
  • Gula merah secukupnya ( bisa + gula putih juga )
  • Garam secukupnya.

Bumbu halus :
  • 50 gr Kemiri, sangrai
  • 4 sdm Ketumbar butiran, sangrai
  • 8 siung bawang merah
  • 8 siung Bawang putih
  • 2 sachet Terasi
  • 4 sdm Cabe merah ( aku pake cabe kering giling basah ).

Cara :
  1. Campur semua bahan dan bumbu.
  2. Masak hingga matang.

Catatan : Panaskan tiap hari bila bikin banyak.

Super Fudgy Brownies ( belum pas )


Nasi Mawut Sosis

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...