Selasa, 18 Maret 2014

Bolu Gulung Klasik Ekonomis - snacks SDQ Ummul Qura Amuntai -


BOLU GULUNG KLASIK dan EKONOMIS 
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan
Modifikasi : Kamelia @CozyKitchen

Bahan: 
  • 3 butir telur
  • 50 gr gula pasir
  • 30 gr tepung terigu ( aku 40 gr terigu pro - ren) 
  • 5 gr tepung maizena ( aku ga pake) 
  • 5 gr susu bubuk ( aku ga pake) 
  • 1 sdt emulsifier (aku pake 1/2 sdt ) 
  • 40 gr margarin/mentega cair ( aku pake 40 ml minyak goreng )
  • Pasta moka + black forest

Filling , aku pake :
2 sdm margarin dicampur dengan 2 sdm gula halus, aduk rata. Meises cokelat.

Cara :

1. Masukkan semua bahan ke dalam mangkok besar kecuali margarin/mentega cair, kocok dengan mixer hingga adonan putih kental (soft peak). Bolu ini menggunakan sistem kocok bersama, sehingga diharapkan menghasilkan pori-pori cake yang lebih halus dan lembut meskipun hanya sedikit memakai telur.
2. Masukkan minyak goreng, aduk balik adonan secara perlahan hingga tercampur rata.
ambil 1 sdm adonan, beri pasta untuk motif dipermukaannya.
3. Tuangkan adonan ke dalam loyang kotak ukuran 26x26x3 cm atau 24x24x3cm ( aku pake ukuran 25 x 25 ) yang sudah diolesi minyak goreng dan dialasi kertas roti, dan kertas rotinya olesi juga dengan minyak goreng ( aku ga oles lg kertas rotinya ).
beri motif diatasnya.
4. Kukus dalam dandang panas, berupa banyak selama kurleb kurang lebih 10 menit ( tes tusuk untuk memastikan ).
5. Jika sudah matang segera keluarkan dari dandang.
6. Balikkan bolu gulung diatas kertas roti ,olesi dengan bahan filling sesuai selera. 

7. Kemudian gulung perlahan dan padatkan, simpan dulu di dalam kulkas kurang lebih 1/2 jam.
8. Potong- potong, siap disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...