Selasa, 04 Oktober 2011

Marble Soes

Ini sebenarnya kue sus, tapi di goreng....n karena bentuknya kaya kelareng , jadilah namanya Marble Soes. Alhamdulillah Saif  ( ini yang penting, soalnya Saif itu susaaaaaaaah banget untuk suka dengan makanan yang baru di kenalnya ) n Syihab suka, kalo  Mas Muhammad bilang " ngga enak Ma, ngga enak ....." tapi mulutnya teus di sumpalin sama kue susnya...hehe
.
Tadinya melihat-lihat berbagai resep sus goreng di google, dipelajari, dibanding-bandingkan antara resep-resep tersebut......aku pikir susah juga, kan aku sekarang belum punya timbangan ( kaciaaaaaaaaaan deh ), makanya ku coba pake takaran sendiri, caranya juga pake caraku sendiri (  eh bukan ding.....saran dari mama, hehe.... )

Bahan : 

  • 1 gelas air ( penuh )
  • 100 gr margarin
  • 1 gelas tepung terigu ( penuh juga lho yaaaa )
  • 1/4 kg telur ( kurleb 4 butir ), kocok lepas
  • Minyak goreng  secukupnya, untuk menggoreng

Cara :

  1. Siapkan panci atau wajan
  2. Tuang air ke dalam panci, tambahkan margarin, masak hingga mendidih, matikan api.
  3. Masukkan terigu kedalam wadah yang tahan panas, masukkan campuran air dan margarin tadi sedikit , aduk rata, masukkan lagi campuran air dan margarinnya , aduk lagi, demikian dilakukan hingga habis dan adonann menjadi kalis dan halus ( ngga ada brindilannya ).
  4. Diamkan sebentar ( sampai adonan terasa hangat ).
  5. Lalu masukkan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk ( bagusnya dengan baloon whisk ), hingga adonan lembut.
  6. Masukkan dalam plasik segitiga.
  7. Panaskan minyak goreng ( dalam wajan lho ya....jangan dalam baskom, hehe...), lubangi  ( di potong ujungnya maksudnya ) plastik berisi adonan tadi, semprotkan sedikit, potong dengan gunting, demikian  dilakukan hingga beberapa buah ( tergantung ukuran wajan dan banyaknya minyak yang digunakan ), goreng hingga berwarna coklat muda.Angkat dan tiriskan.
  8. Lakukan seperti cara diatas hingga adonan habis. Dinginkan.
  9. Sajikan dengan taburan gula halus.


Catatan :

  • Selama proses menggoreng, terus diaduk ya...karena ini kuenya kecil-kecil jadi susah kalo mau di balik-balik.
  • Kalo mau kuenya diberi isian, plastik segitiganya ujungnya dipotong lebih besar, jadi nanti hasilnya juga besar, sehingga kue susnya bisa di belah ( jangan sampai putus ) lalu di beri isian, bisa dengan choco spread, atau selai, atau vla  dll sesuai selera.
  • Mau bentuk lain ? ....silahkan berkreasi.
  • Kalo telurnya di kurangin jadi 3 butir aja, masih tetap jadi kue lho, tapi kulitnya ngga garing, kaya donat tapi lebih lembek, masih enak kok.
  • Ngukurnya pake gelas belimbing ya...kalo ngga punya pake gelas ukur aja, pertama takar  terigunya sampai garis 250 ml, pindahkan ke wadah lain, lalu takar airnya sampai garis 250 ml juga. Untuk margarinnya, kurang atau lebih sedikit dari takaran ga papa koq, asal jangan beda jauh aja....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...