Minggu, 13 Februari 2011

Aneka Tepung Siap Pakai Sebagai Alternatif Terigu

Bosan dengan tepung terigu untuk membuat kue-kue Lebaran? Anda belum terlambat untuk mencoba tepung lain. Mari simak aneka tepung “modern” berikut ini.

Add caption
Pemerintah akan berusaha mengurangi impor gandum dan mendorong industri tepung dalam negeri. Demikian diungkapkan oleh Menteri Pertanian RI. Ada apa gerangan dengan gandum? Gandum yang berupa tepung terigu,  berkadar tinggi gluten. Gluten adalah sejenis protein yang terdapat dalam gandum dan tepung. Sifatnya kenyal dan elastis. Bahan makanan yang mengandung kadar tinggi gluten adalah gandum, gandum hitam, dan jelai. Makanan tinggi gluten bisa mengganggu pencernaan, yaitu terganggunya penyerapan nutrisi, terutama bagi para penderita celiac disease,reumatoid artritis, multiple sclerosis, Parkinson, autis, ataksia, down syndrome, osteoporosis, diabetes tipe 1 dan 2, serta anemia, sehingga terjadi malnutrisi.
Tapi Anda tak perlu khawatir, karena masih banyak jenis tepung yang bisa menjadi alternatif tepung terigu. Tepung-tepung tersebut selain rendah gluten (bahkan ada yang sama sekali tidak mengandung gluten), juga tinggi serat, sehingga sangat baik bagi kesehatan pencernaan. Silakan simak berbagai jenis tepung berikut ini, selain harganya terjangkau, juga mudah didapat di pasaran.
             
TEPUNG BERASAL DARI UMBI
A.Tepung singkong.
Tepung yang dibuat dari umbi tanaman singkong (Manihot esculenta) sering disebut tepung kanji atau aci. Padahal penamaan itu salah kaprah, karena kanji atau aci merujuk pada protein yang bersifat lekat mengentalkan dan transparan yang tidak saja dimiliki tepung singkong tapi juga tepung-tepung lain seperti tepung jagung, tepung kentang dll. Berdasarkan cara pembuatannya, tepung singkong terdiri dari beberapa jenis.                                                                                                                                                                                                                          
  1. Tepung tapioka. Dibuat dari saripati umbi tanaman singkong. Setelah dikuliti dan dibersihkan, umbi singkong diparut dan diambil ekstraknya. Saripati yang didapat, diendapkan, dan disaring sehingga didapat butiran-butiran tepung.
  2. Tepung gaplek. Umbi singkong diiris tipis dan dijemur sampai kering seperti keripik. Kemudian dihaluskan dan disaring hingga didapat tepung. Tepung gaplek ini dikenal dengan nama cassava chip flour.
  3. Tepung mocaf atau mocal. Pada dasarnya kedua nama tesebut diambil dari singkatanmodified cassava flour yaitu tepung singkong yang dimodifikasi. Tepung mocaf atau mocaldiproses menggunakan prinsip memodifikasi sel-sel singkong secara fermentasi, di mana mikrobia BAL (bakteri asam laktat) aktif mendominasi selama proses fermentasi tersebut. Tepung mocaf atau mocal saat ini diharapkan bisa menjadi pengganti tepung terigu dalam pembuatan berbagai resep makanan seperti mi atau roti.
  4. Tepung sagu obi. Sekilas membaca namanya, kita mengira bahwa tepung ini dibuat dari batang tanaman sagu. Namun setelah membaca labelnya, ternyata sagu obi dibuat dri singkong. Tepung sagu obi biasanya dipakai untuk membuatan bika ambon, karena teksturnya halus dan  warnanya putih.

B.Tepung kentang
Dibuat dari umbi tanaman kentang yang dimatangkan dan dikeringkan. Biasanya digunakan sebagai pengental saus,cake, schotel, kue kering dll. Warnanya putih dan masih belum banyak dikenal karena agak sulit didapat. Biasanya orang lebih menyukai kentang segar yang direbus atau digoreng kemudian dilumatkan sebagai bahan pembuat cake, perkedel dll.

C.Tepung garut
 Sering pula disebut ararut, irut, jelarut, atau arrowroot. Tepung ini dibuat dari umbi tanaman garut (Anantha arundinacea) yaitu jenis umbi-umbian dengan kandungan indeks glikemik rendah, sehingga dapat digunakan sebagai makanan alternatif bagi penderita diabetes. Tekstur dan warnanya mirip tepung sagu. Banyak digunakan untuk membuat kue kering.
Di Jawa Barat dikenal bedak Saripohaci yang menggunakan tepung garut. Di Amerika, perasan umbinya dipakai sebagai obat luka tusuk maupun gigitan serangga atau ular. Di Filipina dan India dijadikan bahan baku pembuatan minuman beralkohol (semacam tuak atau sake). Sedangkan di sepanjang pantai Pulau Jawa, umbu garut biasa dijadikan nyamikan teman minum bajigur atau bandrek. Ada pula keripik garut sebagai komoditas perajin makanan ringan di wilayah Garut, dan Tasikmalaya.

D.Tepung ganyong
Ganyong adalah umbi-umbian yang enak dimakan setelah direbus. Bila dijadikan tepung, biasa digunakan sebagai bahan pembuat kue-kue.Tepung ganyong dibuat dari umbi tanaman ganyong (Canna discolor) yang sudah tua dan dalam kondisi baik (artinya tak ada tanda-tanda busuk). Caranya, cuci umbi ganyong dan iris tipis. Jemur sampai kering (biasanya selama 10 hari) sampai irisan ganyong mudah dipatahkan. Tumbuk lalu tampi. Tepung yang halus dijadikan bahan kue, sedangkan sisanya (ampas hasil menampi) dimanfaatkan untuk pakan ternak.
Tepung ganyong tidak saja bisa dijadikan makanan selingan, tetapi juga sebagai pengganti tepung terigu. Dengan bahan baku tepung ganyong dapat dibuat mi, kerupuk, kue kering, roti dll. Budidaya tanaman ganyong telah dilakukan sejak tahun 2002, dan uji coba pun telah dilaksanakan. Pada 13 Juni lalu, akhirnya tepung ganyong secara resmi dinyatakan sebagai substitusi tepung terigu oleh Humas Penkab Ciamis. (N)
Penulis : Srikandi Waluyo
Simak artikel lengkapnya di Nirmala 09/Tahun 11, edar 09 September 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...