Kamis, 21 Oktober 2010

Pakasam Homemade

Pakasam  ( sebagian orang menyebutnya dengan Iwak Basamu )adalah salah satu makanan khas Kalimantan ( suku Banjar khususnya, didaerah kalimantan yang lain seperti Kalimantan Tengah dan Timur pun ada juga ). Orang Kalimantan memang suka membuat sesuatu jenis makanan yang bisa disimpan lama, Jadi kalo pas musim susah nyari ikan atau duit buat belinya ngga' ada, kan masih punya stok ---ini menurutku aja siiih--- Rasanya sedikit asam, dengan sedikit sentuhan asin tapi gurih. Segar, enak, dan menggugah selera.

http://historynculture.blogspot.com

Ini adalah cara membuat Pakasam ala mamaku. Menurut lidah kita sekeluarga sih, yang versi ini lebih enak karena rasanya ngga' terlalu asam. Kalo biasanya pakasam dibuat tanpa menggunakan gula merah.

Bahan: 


  • Ikan Sepat ( besar atau kecil ), Gabus ( kecil / anak gabus ), ikan Papuyu( Ikan Betok ), pilih aja, mana yang di sukai, bersihkan sisik dan buang isi perutnya.
  • Garam ( banyaknya seperti buat ikan goreng )
  • Gula merah,  sisir , sedikit aja.
  • Beras,cuci, tiriskan, sangrai sampai berwarna coklat muda, haluskan sampai berbentuk butiran lebih besar sedikit dari pada pasir.

Pedagang Pakasam di Pasar Barabai
http://hasanzainuddin.wordpress.com
Cara: 


  1. Masukkan ikan dalam baskom, taburi garam  gula merah dan beras sangrai, aduk rata, diamkan kurleb 1 jam disuhu ruang.
  2. Lalu masukkandalam wadah tertutup, simpan dalam kulkas.
  3. Baru bisa di goreng setekah minimal 3 hari disimpan.
  4. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Tips cara menggoreng pakasam biar lebih wangi:
Goreng Paksam dalam minyak panas, dengan api sedang, kalau sudah setegah matang, masukkan bawang merah yang sudah dirajang ( seperti untuk membuat bawang goreng ), masak bersama pakasam sampai matang, angkat dan tiriskan.


Special Thanks to : My Lovely Mama ( Amuntai-Kalsel )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...