Jumat, 13 September 2013

Cake Pandan Santan


Cake buat dokter gigi yang sering kita datengin, tapi ga pernah mau di bayar jasanya.
Makasih banyak untuk Pak Fawzir dan keluarga.


Resepnya aku copas dari
 blognya mba Vania, makasih banyak atas sharingnya mba ^^

Sama anak-anak mba Vania sih dinamakan Green Cake, dari Femina namanya Bolu Pandan, lhaaa ini aku ganti juga namanya jadi Cake Pandan Santan, maksudnya biar aku lebih mudah mengenali, karena sudah pernha bikin yang pandan-pandan gini, tapi ga pake santan.

Bahannya ga plek ngikut resep, aku orangnya takut masukin BTP, jadi kalopun pake biasanya selalu lebih sedikt dari yang tertera di resep.



Cake Pandan Santan
Sumber : Femina July 1999.
Modifikasi : Kamelia Marfuah @Cozy Kitchen

Bahan :
  • 25 lembar daun suji ( aku ga pake , ga sempat, bikinnya buru-buru )
  • 4 lembar daun pandan ( aku pake pasta pandan 1 sdt )
  • 50 ml air
  • 125 santan dari 1/2 butir kelapa -kupas kulit ari-  ( aku pake santan Kara 65 ml, tambah air matang 110 ml )
  • 50 gr margarine, lelehkan
  • 6 butir telur ayam ( aku pake 5 saja, karena telurnya lumayan besar )
  • 225 gr gula pasir
  • 250 gr tepung terigu ( aku pake yang protein rendah )
  • 1 sdt baking powder ( aku pake 1/3 sdt )
  • 1/2 sdt baking soda ( aku pake 1/4 sdt )
  • 50 gr kenari cincang ( aku ga pake )


Cara :
  1. Campur tepung terigu, baking powder, dan baking soda hingga rata. sisihkan.
  2. Kocok telur bersama gula pasir hingga kental berjejak, mengembang dan berwarna off white. 
  3. Masukkan sebagian tepung  ke dalam telur sedikit demi sedikit bergantian dengan larutan santan.kocok dengan kecepatan rendah
  4. Tuang ke dalam loyang bundar bergaris tengah 22 cm yg sudah dioles mentega dan ditaburi tepung ( aku pakai baking pan
  5. Panggang dalam oven panas bersuhu 180 C selama 60 menit hingga matang. Angkat ( aku bakar dengan baking pan, jangan lupa alasnya di panaskan dulu , tes tusuk untuk memastikan kematangan ).
  6. Keluarkan dari baking pan, siap disajikan.

Cara menggunakan baking pan bisa di lihat disini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...