Jumat, 30 Agustus 2013

Roti Dengan Tepung Terigu Protein Rendah


Minggu ini sepertinya minggu roti ^^

Jelang maghrib Abah minta di bikinin roti untuk bekal besok ke Banjarmasin. Ga sanggup nolak, meskipun waktunya mepet banbget.  tepung yang ada hanya yang protein rendah.

Abah bilang abah akan cari nanti ba'da Maghrib.Qadharullah sudah keliling ternyata yang protein tinggi kosong. Abah beli aja yang biasa, biasanya sih kalo kata yang jual yang biasa itu adalah yang protein rendah.
Karena ga tega, nekat aja nih, coba eksekusi. Semoga ada rezki.

Itung-itungan ku, karena protein rendah maka aku akan tambah dengan putih telur biar kandungan proteinnya naik....mungkin betul, tapi aku lupa kalo kebanyak putih telur rotinya bisa kurang lembut.
1 poin kesalahan.

untuk komposisi bahan sih aku  masih pake komposisi sesuka hati, tapi biasanya ga ada masalah berarti.

Karena sudah malam aku putuskan pake metode Lazy Bread, tapi adonan ga disimpan dalam kulkas.
Sekitar jam 18. 30 mulai proses, jam 22. 30 an adonan baru mengembang sekitar 2 kali lipat.
Karena terasa lengkeet sekali, tapi mudah sekali sobek, aku tambah tepungnya jadi semua sekita 1/2 kg tepung . Itu juga masih lengket sekali, akhirnya tangan aku minyakin  hingga adonan ga kengket sana-sini lagi.

Kemudian mulai di bagi jadi beberapa bagian, dan langsung disusun dalam baking pan. Sebagian masuk double pan, karena ga muat.

Tunggu 1 jam, adonan tampak bertahan dalam diam, setel alarm jam 1.30.....eeeeeeh malam bablas sampe 4.30. Lupa itu handphone di silent ^^

Pas kedapur..... rotinya sudah mateng.  Ternyata mama yang memanggangnya.

Hasilnya:
Bagian luar agak keras, bagian dalam ga keras , ga kering  tapi beda banget dengan yang pake protein sedang sekalipun, kelembutannya kurang, kalo rasa ga ada masalah.

Menurutku sih kayaknya rotinya cocok dinikmati dengan dicelup ke susu atau kopi.... cairan lah, untuk melembabkan bagian dalamnya.

Pengen nyoba ? modal nekat ...berani ?
Niiiiih aku kasih bocoran resep yang aku pake, coba di modifikasi yah...agar hasilnya lebih baik.

Roti Dengan Tepung Terigu Protein Rendah
Resep : Kamelia Marfuah @Cozy Kitchen

Bahan A :

  • 500 gr tepung terigu protein rendah
  • 150 gr gula pasir
  • 3/4 sdm ragi instan fermipan.
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1 sachet susu kental manis
  • 2 butir telur
  • 100 ml air 


Bahan B :

  • 50 ml minyak goreng
  • 50 gr margarin
  • sejumput garam


Cara :
Sama dengan pada Lazy Bread
Hanya seperti sudha disampaikan diatas, adonan tidak ku simpan dalam kulkas, karena pengen cepet.

Tambahan :
Tepungnya awalnya aku pake 250 gr saja, sisanya kutambahkan saat adonan sudah melewati tahap fermentasi .




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...