Jumat, 30 Desember 2011

Marble Cake ( steam bake dengan panci bekas )


Alhamdulillah Marble Cake ku jadi juga, tanpa oven, steam bake nya menggunakan panci bekas ( panci nya cukup berat ) yang ku isi sedikit kerikil, lalu kuletakkan loyang bulat yang ukurannya pas dengan lebar mulut panci, tapi loyangnya ngga mbselesek ke dasar panci, jadi masih ada ruang antara kerikil dan loyang. Kemudian loyang tsb kuisi dengan air secukupnya, dan kuletakkan loyang berisis adonan di dalamnya,  jadi loyang bersisi adonan terendam air.

Hasilnya lembuuut banget. Waktu proses masak berlangsung, agak kuatir, karena kelihatan jelas sekali cakenya mengembang tinggi, padahal sudah hampir mencapai tutup pancinya, saking takutnya, tes tusuk sampe beberapa kali, kelihatan kan tuh ada lubangnya, memang cuman 2 lubangnya, karena nusuknya di situ terus, takut kalo nusuk dimana 2, kuenya jadi aneh, hehe. Finally....matang juga, buka tutup panci, diamin sebentar, angkat loyangnya, didinginkan sebentar, saat masih hangat  coba keluarkan dari loyang. Alhamdulillah kuenya ga berubah. Awalnya waktu dimasak memang membumbung tinggi, setelah didiamkan, jadi turun, tapi hanya sampai batas mulut loyang, ngga turun banget. 



TANTANGAN KEHORMATAN GRUP DAPUR AISYAH, DESEMBER 2011

Nama Resep        : MARBLE CAKE
Sumber resep      : Nani Saptina
Modifikasi oleh    : Kamelia Ummu MusasyJr Sbj



Bahan A :
  • 3/4 gelas tepung terigu protein sedang
  • 2 sdm  maizena


Bahan B : 
  • 125 ml santan, dari 200 gr kelapa parut ( setengah butir )
  • 75 ml minyak goreng

Bahan C :

  • 230 ml putih telur ( aslinya 250 ml )
  • 1/2 gelas gula pasir

Bahan D :

  • 2 tetes pasta dark chocolate
  • 1 sdm coklat bubuk
Cara : 
  1. Siapkan loyang ( aku pakai loyang tulban, karena hanya loyang ini yang muat dalam pancinya ), olesi margarin semua sisi dalam loyang, sisihkan
  2. Siapkan panci di atas kompor, masukkan kerikil secukupnya, nyalakan api , gunakan api kecil saja,  tapi tidak terlalu kecil. Biarkan panci menjadi panas .
  3. Campur dan aduk rata bahan A. sisihkan.
  4. Campur dan aduk rata bahan B, sisihkan.
  5. Campur bahan A dan B, aduk rata, sisihkan.
  6. Kocok bahan C hingga mengembang, berwarna putih, kaku.
  7. Campur kan bahan A dan B tadi, aduk balik hingga rata.
  8. Ambil beberapa sendok makan adonan, masukkan di tempat lain,sisihkan.
  9. Adonan yang lebih banyak , di ambil sedikit, beri coklat bubuk aduk rata, tambahkan pasta dark chocolate, aduk rata, campurkan ke adonan, aduk rata hingga berwarna coklat semuanya.
  10. Tuang sebagian adonan coklat ke dalam loyang, beri sebagian adonan putih diatasnya, buat pola marmer dengan menggunaka tusuk sate /tusuk gigi bersih denga gerakan memutar , lalu tuang sisa adona coklat perlahan-lahan menggunakan sendok,  lalu beri sisa donan pitih diatasnya, buat lagi pla marmes seperti cara tadi.
  11. Letakkan loyang berukuran pas dengan mulut panci, beri air secukupnya, diamkan sebentar hingga air cukup panas.
  12. Masukkan loyang berisi adonan ke dalam nya . Tutup,  masak hingga matang , tes kematangan dengan tes tusuk, karena aku tidak bisa memastikan berapa suhunya .
  13. Setelah cake matang, keluarkan loyang  dinginkan , siap di sajikan.
Catatan :
Gelas yang kugunakan adalah gelas berukuran isi 300mlSaat proses steam bake tutup panci ku buka tutup beberapa kali, tapi cakenya tidak menjadi bantat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...