Minggu, 08 Mei 2011

Mengenal Pasta Lebih Dekat

Pasta merupakan bahan makanan sumber energi dan protein terutama protein nabati dan dapat dikatakan bebas lemak. Karbohidrat yang terkandung membuat pasta mudah dicerna. Namun sedikit lama diserap didalam usus sehingga pasta dapat membuat perasaan kenyang yang bertahan lama.
stockphotos.it


Pasta merupakan bahan makanan yang terbuat dari tepung serealia, yang dicampur dengan air dan di cetak menjadi berbagai bentuk. Terbuat dari campuran telur, air, dan tepung terigu, pasta tersedia dalam bentuk segar atau kering. Di Italia, pasta kering terbuat dari tepung duruma yang kemudian diproses menjadi tepung semolina. Orang Italia biasa memasak pasta dengan cara al denteyang artinya ‘to the tooth’ (pas untuk gigi). Cara al dente yakni pasta dimasak tidak terlalu matang dan tidak terlalu mentah, jadi pas ketika harus dikunyah.


Pasta diperkenalkan oleh marcopolo di Italia pada abad XIII. Pasta mulai banyak diproduksi oleh pabrik-pabrik pada abad XV di Napoli. Pasta juga merupakan salah satu bahan makanan penting dalam dapur continental, terutama di Italia dan Perancis. Pasta terbaik yang dihasilkan terbuat dari jenis gandum keras seperti hard durum wheat, semola di grano duro atau semolina.


Pasta terbagi menjadi beberapa macam jenisnya. Pasta secca yaitu pasta kering yang terbuat dari terigu dan air. Pasta alluvo yaitu pasta yang terbuat dari telur. Satu lagi bernama pasta hijau yaitu pasta yang terbuat dengan tambahan bayam didalamnya. Pemberian nama pada pasta tergantung dari bentuk dan besar kecilnya pasta tersebut.


Pasta yang berbentuk soup pasta dapat dibuat menjadi tubettini yaitu pasta pipa kecil, conchhigliette yaitu pasta keong kecil, dan anellini yaitu pasta cincin kecil dapat disajikan bersama minestre atau sup. Pasta yang berbentuk long pasta berbentuk batang dapat dibuat menjadi capellini yaitu pasta yang menyerupai bihun, vermicelli, dan sphagetti yang berdiameter 0.5 cm dapat disajikan bersama saus atau ragout maupun sup kental sepinggan. Pasta yang berbentuk pipa dapat dibuat menjadi tortiglioni yaitu pasta spiral berlubang, fusilli corti yaitu pasta spiral pendek, pennette yaitu pasta pena kecil, dan elbow macaroni yaitu macaroni yang berbentuk siku dapat disajikan bersama saus tomat ataupun saus mentega.


Adalagi  pasta yang berbentuk pita dapat dibuat menjadi taglierini yaitu pasta yang memilin lebar 1,5 mm, tagliatelle yaitu pasta yang memiliki lebar 5, dan lasagnette yaitu pasta yang memiliki lebar lebih dari 5 cm dapat disajikan bersama saus. Pasta yang berbentuk khusus dapat dibuat menjadi farfalle yaitu pasta berbentuk kupu-kupu, riccioli yaitu pasta yang berbentuk gulungan bunga, dan conchilioni yaitu pasta yang berbentuk kerang besar yang dapat dipanggang dengan saus. Stuffed pasta dapat dibuat menjadi cannelloni, pansotti, dan raviolletti yang disajikan bersama kaldu dan saus.


Pasta yang terbuat dari gandum utuh mengandung tiamin, niasin, asam pantotenat, magnesium, fosfor, zat besi, seng, dan tembaga. Tetapi sebagian vitamin B akan hilang jika pasta tersebut sudah mengalami pemasakan, terutama bila pasta dimasak terlalu lama. Pasta digunakan juga sebagai hidangan utama, misalnya sphagetti Bolognise yang berukuran 75-100 gram/saji yang dapat ditambahkan hidangan penyerta seperti daging sapi atau daging ayam. Rifa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...