Kamis, 10 Desember 2015

Focaccia




Coba-coba bikin Focaccia ( baca : foʊˈkɑ.tʃə , versi mudahnya fokacha kali ya ).

Focaccia ini adalah salah satu jenis roti pipih ala Italia.Tapi punya kekhasan tersendiri yakni pake herb ( rempah : rosemary, oregano, thyme dst sesuai selera ) dan cukup banyak pake olive oil , bahkan ada yang menamainya dengan Olive Oil Bread.

Tapiiiii yg aku bikin ini ga pake olive oil , jadi yaaaa cuma Focaccia ala kadarnya ^^
Kalo herbnya bi idznillah masih ada stok, tapi yg kering, kalo yang asli katanya sih pake yang segar.
Trus untuk topping aku pake yang ada: sosis ayam, telur rebus dan keju cheddar.

Kalo liat di youtube sih macem2 bahan bisa jadi toppingnya.

Focaccia yang aku bikin ini juga ga pake oven, pake baking pan aja.Trus doughnya aku bikin tadi malam, habis diuleni, masuk kulkas, paginya baru olah. Untuk baking pan 28 cm, cukuppake 1/2 resep dibawah .
Untuk resep dough , aku pake resep dari Sajian Sedap.

FOCACCIA BREAD
Resep : Sajian Sedap

Bahan-bahan/ Bumbu-bumbu:
  • 350 gram tepung terigu protein tinggi 
  • 1/2 sendok makan ragi instan 
  • 2 sendok teh gula pasir 
  • 1 sendok teh oregano bubuk 
  • 1/2 sendok teh thyme bubuk 
  • 150 ml air 
  • 1 sendok teh garam 
  • 80 ml olive oil ( saya pake minyak goreng biasa )
  • 10 buah black olive, iris ( saya ga pake )
  • fresh rosemary ( saya ga pake )


Cara Membuat Focaccia Bread :
  1. Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir,oregano bubuk, dan thyme bubuk. aduk rata.
  2. Tuang air sedikit-sedikit sambil diuleni rata hingga setengah kalis.
  3. Masukkan garam dan olive oil. Uleni hingga elastis. 
  4. Diamkan adonan 90 menit sampai mengembang.
  5. Kempiskan adonan. Giling setebal 1 1/2 cm. Letakkan dalam loyang ukuran 25x30x3 cm yang sudah dioles olive oil.
  6. Diamkan 40 menit sampai mengembang. Tusuk-tusuk adonan dengan jari. Oles tipis olive oil. Tabur rosemary dan black olive. 
  7. Oven suhu 190 derajat celcius 20 menit sampai matang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...