Minggu, 11 November 2012

Bolu Gulu Klasik Ekonomis ( PR DA, Nov 2012 )

 Bismillah

Mau setor lagi sekalian untuk membuktikan bahwa all in one methode untuk bolu gulung memang benar-benar terbukti.

Awalnya pengen skip emulsifienya sama sekali, tapi karena buru-buru, pengen nyuguhin tamu, akhirnya emulsifiernya aku pake 1/2 dari takaran di resep tapi kuning telurnya aku tambah 1.

Hasilnya..... masya Allah ..beneran lho....beneran lembuuuut.
Fillingnya pake yg ada aja.

resepnya aku pake punya mba Ita, silahkan liat ke blognya mba Ita biar , biar lebih mantap


PR DA, November 2012
Tema : Kreasi Bolu Gulung
Oleh :  Kamelia Marfuah (Kamelia Ummu MusasyiJr Sbj )
Nama resep : Bolu Gulung Klasik & Ekonomis - kukus -
Sumber : mba Ariesta Mikdar Gunawan

BOLU GULUNG KLASIK dan EKONOMIS
Resep: Ita-DapurGriyaKhayangan

Bahan:
  • 3 butir telur ( aku tambah 1 kutel )
  • 50 gr gula pasir
  • 30 gr tepung terigu
  • 5 gr tepung maizena 
  • 5 gr susu bubuk
  • 1 sdt  emulsifier  (aku pake 1/2 sdt )
  • 40 gr margarin/mentega cair ( aku pake minyak goreng )

Filling , aku pake :
  • 1 sdm margarin dicampur dengan 1 sdm gula halus, aduk rata.
  • Meises warna warni.


Cara :
  1. Masukkan semua bahan ke dalam mangkok besar kecuali margarin/mentega cair, kocok dengan mixer hingga adonan putih kental (soft peak). Bolu ini menggunakan sistem kocok bersama, sehingga diharapkan menghasilkan pori-pori cake yang lebih halus dan lembut meskipun hanya sedikit memakai telur.
  2. Masukkan minyak goreng, aduk balik adonan secara perlahan hingga tercampur rata.
  3. Tuangkan adonan ke dalam loyang kotak ukuran 26x26x3 cm atau 24x24x3cm ( aku pake  ukuran 22 ) yang sudah diolesi minyak goreng dan dialasi kertas roti, dan kertas rotinya olesi juga dengan minyak goreng.
  4. Kukus dalam dandang panas, berupa banyak semala kurleb  kurang lebih 10 menit ( tes tusuk untuk memastikan ).
  5. Jika sudah matang segera keluarkan dari  dandang.
  6. Balikkan bolu gulung diatas kertas roti ,olesi dengan bahan filling sesuai selera.
  7. Kemudian gulung perlahan dan padatkan, simpan dulu di dalam kulkas kurang lebih 1/2 jam. 
  8. Potong- potong, siap disajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...