Minggu, 16 Oktober 2011

Puding Klapertart


Penasaran banget sama yang namanya Klapertart ( bener ngga sih penulisannya ? ), tapi kan belum punya oven, trus coba-coba browsing  resep klapertatr yang versi dikukus....alhamdulillah ketemu beberapa resep, setelah dilihat dan seterusnya, dibandingkan dan seterusnya, dibayangkan dan seterusnya, memutuskan insya Allah akan coba bikin, kayaknya simpel, n kebetulan ada kelapa muda, kalo bahan lainnya insya Allah sudah siap dari awal browsing ( ada 3 harian kali mempelajari resep ini ,hehe )tapi koq ga ada maizenanya ya, trus gimana ? ga jadi doooong..... eits....tidak  bissa.....mumpung baby Junnah masih bobo tuh, kalo nunggu besok,keburu ngga ada kesempatan lagi, gimana hayoooo?, keburu basi kelapa mudanya , secara udah di kerok gitu , atau malah keburu abis ....?.....minta tolong suami belanja malam-malam ? duuuh ga tega, masa harus sampe segitunya .....oke lah....buka internet lagi.....nyari tau memangnya si maizena itu fungsinya apa sih, segitu ngaruh kah ? apa ga bisa diganti sama yang lain ?....akhirnya ketemulah jawabannya, si maizena itu gunanya untuk melembutkan, tapi sayang ga menemukan bahan lain ( tepung maksudnya ) yang bisa menggantikan posisinya. Duuuuh .....buntu deh.....tapi akhirnya ingat sama puding browniesku, kunamai Boiled Chocolate Cake, disana ada paduan antara agar-agar bubuk, mergarin dan telur, dan pudingnya jadi lembut..... barangkali bisa pake metode yang sama, oke....Bismillah.....menuju TKP.....setelah " bertarung beberapa saat, ga sampe 1 jam dari awal sampe selesai dikukus, kuenya sudah jadi, tinggal mendinginkan saja.

Sebelum disajikan, kucicipin dikit ( kalo ga enak ga usah aja orang lain makan, hehe ), tapi ternyata dilidahku kue ini enaaaak banget ( maaf ya kalo muji punya sendiri, nunggu orla muji mah kelamaan, hehe ), singkat cerita kata suamiku kuenya enak. Alhamdulillah, setelah dia nyicipin 1 suap, eh motong sendiri, hehe...senangnyaaaaaaaaaaa.

Pengen nyobain ?


Bahan :

  • 2,5 lembar roti tawar, tanpa kulit, ga musti segitu juga, pokoknya cukup menutupi dasar loyangnya aja.
  • 150 ml susu tawar ( aku pake susu UHT )
  • 200 gr kelapa parut
  • 300 ml air kelapa ( kalo ga ada pake air biasa aja lah )
  • 1/2 bungkus agar-agar bubuk ( kurang lebih 5,5 gr )
  • 2 butir telur, kocok lepas
  • 60 gr gula pasir
  • Sejumput garam
  • 50 gr margarin
  • 50 gr kismis ( bila suka banyakin aja )
  • 4 sdm daging kelapa muda, potong korek api ( boleh dibanyakin juga, sesuai selera aja )



Caranya :

  1. Panaskan dandang.
  2. Siapkan loyang, olesi dengan minyak goreng ( dasar n sisi loyang ), lapisi dengan plastik tahan panas, dasar n sisi loyangnya.
  3. Tata roti hingga memenuhi dasar loyang, lalu siramkan susu .
  4. Kemudian tata daging kelapa muda dan kismisnya diatas roti tadi, sisihkann
  5. Bikin santan dari kelapa parut dan air kelapa,sisihkan
  6. Campur santan, telur, gula, garam, margarin dan agar-agar bubuk, aduk hingga rata dan gula larut  ( kalo aku sih kembali menggunakan blender , hehe )
  7. Masak adonan sambul terus diaduk aduk, hingga meletup-letup kecil, angkat
  8. Tuang ke loyang berisi roti ,kelapa muda dan kismis,masukkan ke dalam dandang , kukus kurleb 20 menit.
  9. Angkat dan dinginkan.
  10. Siap disajikan.



Catatan :

  • Aku pake loyang brownies yang kecil itu lho...yang bentuknya persegi panjang.
  • Ngukusnya jangan pake api yang gede, jangan juga kekecilan.
  • Karena aku belum pernah makan klapertart asli, makanya belum bisa membandingkan, maaf.
  • Kue ( puding ) ini bisa di simpan di dalam kulkas ( kalo ngga abis ), tapi sebelum disajikan, keluarkan dulu dari kulkas, diamkan di suhu ruang hingga ngga dingin lagi, tapi kalo mau dimakan langsung juga ngga papa sih. 





Kalau ngga enak, maaf yaaaaaa, komposisi bahannya cuman akal-akalan aku aja, beginilah kalo aku lagi " beraksi " di Cozy Kitchen ku yang kecil mungil ini. 
Harapanku semoga selera kita ngga jauh beda, hehe......




1 komentar:

  1. display cooler nya di periksa kan aja pak, cukup syarat ga. trus makanan yg mau diletakkan di situ juga hatus betul2 diketahui kelayakannya. dan itu bukan bidang saya

    BalasHapus

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...