Rabu, 20 Juli 2011

Panduan Menu Harian selama Ramadhan

Alhamdulilah tinggal beberapa hari lagi bulan Ramadhan akan tiba, tidak ada salahnya tentunya kalau kita menyiapkan diri dengan ide-ide menu masakan dan minuman yang akan kita sajikan untuk keluarga tercinta, tidak perlu mewah dan berlimpah, asal pas di lidah dan tidah berlebihan dalam jumlah dan waktu pengolahan ( susah dan lama ), yang pada akhirnya malah merepotkan dan menyita waktu beribadah.
Semoga contoh kombinasi menu berikut bisa sedikit membantu:

( tersedia untuk 30 hari )



     BERBUKA
 MAKAN MALAM
       SAHUR
    LAIN-LAIN
ES BLEWAH JELI
GADO - GADO
SAMBAL GORENG HATI
BAKWAN UDANG
BUBUR KACANG HIJAU
SAMBAL TUMPANG  ( TELUR & AYAM )
SAMBAL GORENG UDANG
JUS JERUK, PASTEL GORENG
ES KUWUD
IKAN BAKAR, LALAPAN
OMELET MIE SAYUR
PISANG GORENG
KOLAK PISANG,KOLANG-KALING
LODEH NANGKA DAUN SINGKONG
RENDANG DAGING
 TAHU TELUR
SUP BUAH
RAWON
JAMBAL ASAM MANIS
GETUK LINDRI
ES TELER
TIMUN KUAH SANTAN, IKAN ASIN
KARE AYAM TERONG
RISOLES
BUBUR AYAM
URAP, AYAM GORENG
BALADO TELUR
AGAR-AGAR JELI
DAWET
TERONG BAKAR, AYAM BAKAR
PEPES IKAN
TAHU BASO
ES BUAH
KAKAP ASAM MANIS
OSENG DAGING
PISANG PENYET
ES KOPYOR SINTETIS
SAYUR ASEM, IKAN ASIN
KEPITING SAUS PADANG
AREM-AREM
ES MADU JERUK
SOP AYAM
GURAME ASAM MANIS
DADAR GULUNG
JUS MANGGA
PINDANG SERANI
MIE GORENG , TELUR CEPLOK
BINGKA KENTANG
ES TIMUN SURI
SOP UDANG
ORAK ARIK TELUR
KROKET KENTANG
SETUP NANAS
OSENG KANGKUNG, BANDENG PRESTO
AYAM GORENG KREMES
PUDING GULA MERAH
SALAD BUAH
NASI PECEL
GULAI AYAM
NAGASARI
ES CINCAU
TUMIS BUNCIS, PATIN GORENG
PATIN MASAK KECAP
KUE LAPIS PANDAN
ES RUMPUT LAUT
SOP IKAN MAS
RENDANG DAGING
TEMPE MENDOAN
BUBUR SUMSUM
AYAM JENGKOL MASAK PEDAS
NASI GORENG, OMELET PEDAS
ROLADE TAHU
ES TAPE KETAN HITAM
GUDEG KOMPLIT
CUMI ASAM MANIS
MARTABAK MINI
ES MUTIARA
OSENG TEMPE  PETE, UDANG BAKAR MADU
GARANG ASEM
JAMUR CRISPY
ES KELAPA MUDA
SAYUR BENING KATUK,PEPES  TERI
SEMUR AYAM
TAHU ISI
ES PISANG IJO
SOTO KUDUS
ABON JANTUNG PISANG DAN CORNET
ROTI GULUNG SOSIS
JUS ALPUKAT
NASI SAMIN
PEPES TELUR ASIN
PUDING TAPE KETAN
ES KOLAK
SAMBAL GORENG TERONG , AYAM POP
SOP CEKER TELUR PUYUH
BAKWAN SAYUR
BUBUR MUTIARA
OSENG PARE UDANG
PINDANG BUGIS
PERKEDEL JAGUNG
ES PODENG
IGA BAKAR, SUP JAMUR TIRAM
BANDENG BUMBU ACAR
KACANG REBUS
ES JELI NATA
NASI BAKAR  TERI
CAPCAY KUAH
BOLA-BOLA TAHU
ES PALLU BUTUNG
GURAME BAKAR, TUMIS BUNGA PEPAYA
UDANG GORENG SAUS MENTEGA
SATE BUAH
ES KOLANG KALING
CAPCAY GORENG
TELUR ACAR KUNING
PUTU AYU
KOLAK UBI LABU
BALADO TERONG , AYAM TEPUNG
KARE AYAM
SINGKONG GORENG





Pada dasarnya untuk hidangan minuman ( es buah dll ) sangat simpel. Yang paling mendasar adalah tersedianya aneka sirup : simpel sirup, sirup vanila/sirup mawar dan sirup gula merah ( bikin sendiri aja ), bubuk jeli aneka rasa, bubuk agar-agar aneka warna ( paling tidak yang putih, tapi sediakan juga 3 warna : merah, hijau, dan kuning ) dan SKM putih dan coklat ( bisa juga menggunakan krimer kental manis ). Nantinya tinggal menambahkan aneka buah ( cukup 2 macam buah untuk sekali penyajian ) sehingga besok-besok bisa menggunakan buah yang lain lagi sehingga tiap hari ada menu baru.

Juga tidak ada salahnya disediakan jenis makanan yang tahan lama, seperti kering kentang, abon ( ikan /ayam/daging ), telur asin dlsb. Juga makanan instant  ( sarden kalengan, kornet, sosis, nugget, mie instan, bubur instant, bihun instant dlsb ) untuk antisipasi jika terjadi sesuatu yang berakibat kita tidak sempat memasak ( mis : baru bangun menjelang azan subuh ), dengan adanya makanan instant bisa cukup menolong. Tidak lupa kerupuk, emping atau rempeyek, dan si penggugah selera yaitu SAMBAL, Bikin aja agak banyak, jadi kalo mau di pake, tinggal  ambil. 



Tersedianya 4 bumbu dasar ( merah, putih ,kuning dan orange ) juga bisa sangat membantu , paling tidak kita bisa mempersingkat waktu pengolahan bahan masakan ( yuuuuk di siapkan dari sekarang, masih ada waktu satu mingguan kaaaan ...).4 bumbu dasar ini bisa untuk mebuat aneka hidangan, seperti : semur, kari,, nasi goreng, mie goreng,  aneka tumisan, soto, pesmol, acar, terik daging, gulai, rendang dlsb, tinggal menambahkan rempah daunnya saja atau santannya saja,dst.


Oya...masih ada satu lagi yaitu KURMA....kurang mantap kalo buka puasa tanpa kurma, bahkan kalau tidak ada makanan lain, dengan makan  7 butir kurma sudah menyamai 1 piring nasi ( kandungan seratnya "kalo ngga keliru" ), jadi kurma ini bisa membuat kenyang.
Catatan :
Contoh panduan menu diatas dibuat berdasarkan kombinasi rasa saja, soal kandungan gizi bisa di konsultasikan kepada yang berkompeten di bidang gizi. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...