Senin, 02 Mei 2011

Membuat Self-Rising Flour

Self-rising flour adalah terigu yang sudah    dicampur dengan garam dan baking powder. Sehingga akan mengembang dengan sendirinya bila dicampur dengan bahan cair.


Karena self-rising biasanya digunakan untuk membuat produk-produk pastry, ia berkandungan protein lebih rendah dibanding jenis terigu lainnya. Ini berefek pada perilaku tepung terigunya. Makanan yang dibuat dengan self-rising flour cenderung lebih ringan, kenyal, dan lembut di mulut.



http://is-that-my-bureka.blogspot.com
Pada resep yang tidak menggunakan self-rising flour, resep tersebut kemungkinan besar tidak menyebutkan garam maupun pengembang—karena sudah terdapat dalam tepung terigunya. Self-rising flour biasanya sudah diayak, sehingga menghasilkan produk dengan tekstuk yang
lembut dan seragam.

Jika Anda mendapati resep yang meminta self-rising flour sebagai bahannya, dan Anda tidak punya persediaan jenis tepung terigu tersebut, Anda hanya perlu menambah garam dan baking powder pada resep. Anda mungkin juga mendapati resep self-rising cake flour atau terigu protein rendah yang telah dicampur dengan pengembang. Dalam kasus ini, Anda bisa menggunakan cake flour biasa dan menambahkannya dengan pengembang.

Untuk membuat self-rising flour, siapkan tepung kue (terigu protein rendah), garam, baking powder, sendok takar, wadah untuk menyimpannya, dan ikuti beberapa langkah berikut:

•     Langkah 1
    Timbang berat terigu yang akan Anda gunakan atau simpan

•    Langkah 2
    Tambahkan 1 1/2 sendok teh baking powder untuk setiap cangkir terigu.

•     Langkah 3
    Tambahkan 1/2 sendok teh garam untuk setiap cangkir terigu.

•     Langkah 4
    Aduk semua bahan sampai merata.

•     Langkah 5
    Ayak, dan self-rising cake flour sudah siap digunakan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...