Sabtu, 15 September 2012

Ikan Asin Homemade

Mama beli ikan sapat ( sepat ) siam yang lumayan besar dan karena harganya lumayan murah mama beli agak banyak. Untuk di bikin jadi ikan asin.

Caranya mudah  koq, ikannya di bersihkan isi perutnya di buang juga kepalanya, bukan apa-apa siiih, biasanya bagian kepala itu ga dimakan, karena ikan ini ga ada daging-dagingnya dibagian kepala, menutur mama dari pada menuh-menuhin tempat saat menjemur dan menuh-menuhin wajan saat digoreng mending di buang aja.  Setelah itu ikan di cuci bersih lalu dikasih garam ( banyaknya tergantung selera, mau sampai berapa asin ), kemaren karena ga ada garam kasar akhirnya pake garam halus. Lalu di biarkan beberapa saat,  sampai garamnya meresap oke. Trus dijemur dibawah panas matahari, sela satu hari, kalo panasnya bagus, kalo di jemur telalu lama nanti ikannya kadi terlalu kering. karena kita sukanya yang agak basah, jadi dijemurnya sehari saja, yaaaa maksimal 2 hari lah. Tapi terserah saja sih, sesuai selera saja.

Bisa juga setelah di garamin, di biarkan 1 malam, baru besoknya di jemur.

Kalo sudah di jemur ikan bisa langsung di goreng., atau disimpan dalam kulkas. Lumayan lho...dari pada beli ikan asin , kita ngga tau ikannya dikasih apa aja. Sekarang kan jamannya tipuan dimana-mana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...