Kamis, 28 Juni 2012

Cingkaruk

Ini dia kue bikinan abahku.....aku belum bisa bikin ini niiih. Insya Allah pengen belajar sesegera mungkin.
Ini salah satu kue tradisional yang aku sukai.
Aku sejak kecil menyebutnya dengan cingkaruk, ada juga kalo galah dengar yang menyebutnya dengan cangkaruk. Bahan dasarnya adalah beras sketan yang tumbuk hingga seperti pasir, trus sepertinya pake kelapa parut dan gula merah tentunya.
Tapi detilnya apa aja n gimana , belum tau juga siiiih...hehehe

Ada sedikit cerita, tapi ga di baca juga gapapa

Dulu aku taunya yang bisa bikin Cingkaruk ini hanya nenekku , tepatnya adik dari kakekku. Jadi kalao aku dikasih cingkaruk selain bikinan beliau rasanya selalu ga enak, tepatnya ga ada yang bisa biukin seenak bikinan beliau rahimahallah.
Ternyata bi idznillah abahku bisa juga bikin n enaknya sama  lho ^^

Cingkaruk ini adalah salah satu kue tradisional dari Kalimantan Selatan. Sekarang sepertinya termasuk kue langka. Kalo di kampung abahku , Haruyan kab. Hulu Sungai Tengah, kue ini sepertinya hanya keluar saat hari raya saja. Kalo hari-hari biasa entahlah .

Segitu aja deh. Semoga suatu saat aku bisa upload Cingkaruk bikinanku sendiri. Aamiin

4 komentar:

  1. Mbak pasti enak bgt yah dodolnya..
    Dulu ada keluarga jauh yg bisa bikin, jadi sering dikasi... Tapi orangnya udah almarhum bertahun tahun...
    Kalau boleh sy mau tau resep buatan abah Mbak nah... Kalau berkenan tolong email sy ya Mbak deska.yolinda@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://dapurummumusasyi.blogspot.co.id/2012/08/cangkaruk.html

      Hapus
  2. Sis mau dong resep nya. Soal nya aku udah lama bnget cari kue ini tp ngak ktemu2.. resep nya juga susah di cari.. 😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://dapurummumusasyi.blogspot.co.id/2012/08/cangkaruk.html

      Hapus

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...