Selasa, 03 September 2013

Muffin Wilton


Awalnya ini untuk bekal Saif dan Syihab, dibikin sore-sore. Ternyata menurutku hasilnya ga maksimal, karena takut nanti malah ga di makan , jadi semua disuguhkan sore itu juga....  eeeeeee taunya pada suka.

Agak gagalnya  itu kayaknya karena ada kesalahan saat pencampuran bahan, Dan lagi resep ini harunsya menggunakan oven dengan suhu 200 dercel, lha ini aku pake double pan, yang ga bisa pake api gede, ga tau sih berapa suhunya, alhasil muffinnya gitu deeeeeh...tapi laku.... ajib- ajib- ajib.
Baking powdernya aku ga takar, aku pake dikiit aja, dan hanya pake margarin, ga pake butter seperti di resep.

Katanya sih ( kata yang sudah nyoba ) muffin ini  ( yang versi sukses ) saingan sama muffin di Breadtalk n Dunkin Donut. Sayang aku ga pernah nyicipin di ke 2 tempat tersebut, jadi ga bisa membandingkan.

Biasanya kan aku bikin cupcake yang notabene adalah cake dalam ukuran mini ( cup ), kalo muffn beda dengan cupcake. Katanya sih muffin termasuk jenis short-bread, roti-rotian gitu, tapi ga pake ragi, ga pake lama prosesnya. Meskipun tampilan kaya cupcake.

Ada yang sedikit menggangu, karena aku tengok di blognya mba Ruri ( rahimahallah ), tepungnya 350 gr, di beberapa blog lain yang aslinya nyontek di mba Ruri juga tepungnya hanya 250....mana yang benar ya ?
Tapi aku ikut dari blog mba Ruri aja lah.

Tapi bagaimanapun sambutan orang rumah cukup memuaskan, kapan-kapan pengen deh nyoba lagi.

mungkin ada yang mau tau resepmnya dan pengan nyoba juga, silahkan

Muffin Wilton
Sumber : Ruri ( rahimahallah )
Modifikasi : Kamelia Marfuah @Cozy Kitchen
Bahan : 
  • 350 gr tepung terigu ( aku pake protein rendah , adanya cuman itu )
  • 230 gr butter( aku pake margarin )
  • 110 cc air
  • 2 gr garam (gak perlu kalo butternya pake yang salted)
  • 200 gr telur, ditimbang tanpa kulit ( ini aku salah )
  • 300 gr gula pasir
  • 8 gr baking powder ( aku ga nakar )
  • 50 gr bahan tambahan sesuka hati ,misalnya coklat chip ato keju dipotong dadu ( lupa )

Cara :

  1. Rebus butter, air dan garam sambil mendidih
  2. Masukkan tepung kedalam kom mixer, masukkan bahan campuran butter panas-panas lalu dimixer dengan kecepatan sedang sampai hangat, masukin campuran butternya sambil dikucurin gitu ya, jangan langsung dituangin sekaligus ( di sini aku salah )
  3. Masukkan vanilli
  4. Masukkan telur satu persatu
  5. Campur gula pasir dan baking powder sampai rata, lalu masukkan kedalam adonan, kocok sampai cukup rata
  6. Masukkan bahan tambahan
  7. Masukkan adonan kedalam piping bag, potong ujungnya 
  8. Semprotkan kedalam cetakan muffin sampai penuh taburi atasnya dengan sisa bahan tambahan. Oven dengan suhu 180- 200 dercel ( sebelumnya panasin dulu 15 menit ) ± 25 menit ( aku pake double pan ).



Menurut mba Ruri resep ini bisa dimodifikasi sesuka hati.
Bisa ditambah coklat chips, keju, blueberry ato strawberry jam, pakein kismis, ato apa ajah yang ada di lemari dapur asal jangan ditambahin garpu yaa... hehehe ( Kalo ngerasa kemanisan, boleh kurangin gulanya tapi maksimal nguranginnya 30% ajah ( copas tulisan mba Ruri ).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...