Laman

Senin, 07 November 2011

Cake Coklat Kukus




Nyobain resep cake coklat dari Narjas Annardine Dzakiyah Almaas ( Jazakillah khayran yaa...). Aslinya di bakar, trus dikasih vla lalu di taburin keju parut. Tapi karena anak-anak ga suka vla,  n ga suka keju ya sudah polos aja. paling di tabur sedikit gula halus ( biar cantik aja , hehe )
Berhubung ovennya belum ada, di coba dikukus aja, pake loyang kotak ukuran 16x 16 ( resep asli pake loyang tulban )


Dag dig dug selama nunggu selesai dikukus, takutnya cakenya ngga ngembang, tapi pas di intip, alhamdulillah mekar n pecah pula , sama seperti yang punya resep bilang. Jadi lebih tenang dalam masa penantian, hehe


Begitu matang, langsung diangkat, nunggu sebentar, langsung pindahin ke piring, n dicicipin....alhamdulillah rasanya mirip-mirip brownies gitu, nyoklat banget.


Langsung suguhin ke Saif, makan sesuap , dia bilang "Udah Ma "....hmmm jadi bingung, koq ngga suka ya ?padahal kan dia Choco Mania. Dalam hati bilang....ya sudah lah, bukan rezeki Saif mungkin .


Eeeeeh besoknya, pas Abah yang nawarin, langsung dilahap dengan nikmat, lagi dan lagi...... alhamdulillah.


Bahan: 
  • 190 grm tepung terigu
  • 300 gram gula pasir
  • 1 ½ sendok teh baking powder
  • ¼ sendok teh soda kue
  • ½ sendok teh garam
  • 1 gelas belimbing susu encer ( aku pake susu UHT 250 ml )
  • 3 sendok makan minyak goreng
  • 1 butir telur ayam
  • ½ sendok teh vanili , (aku ngga pake )
  • 100 gram coklat bubuk


Cara :
  1. Siapkan loyang ukuran 16 x 16 cm, olesi minyak , taburi dengan terigu
  2. Panaskan dandang.
  3. Campur semua bahan.
  4. Aduk dengan mixer selama 1/2 menit dengan speed rendah, aduk dengan spatula badian tepinya, biar semua bahan tercampur rata.
  5. Lalu naikkan kecepatan mixer ke speed tinggi selama 3 menit saja ( kalo kata yang punya resep, bila kelamaan malah jadi bantat ).
  6. Tuang ke loyang, kukus selama 30 - 40 menit ( jangan lupa tes tusuk yaa...)
Kalo menurutku lebih oke kalo di santap saat masih hangat, jadi kalo sudah dingin dan mau dimakan masukin magic com dulu sebentar. Tapi ga begitu juga enak koq.



Bahannya sederhana :
190 grm tepung terigu
300 gram gula pasir
1 ½ sendok teh baking powder
¼ sendok teh soda kue
½ sendok teh garam
1 gelas belimbing susu encer
3 sendok makan minyak goreng
1 butir telur ayam
½ sendok teh vanili ( bila suka)
100 gram coklat bubuk
Untuk campuran dalamnya bisa suka-suka : bisa pakai kacang tanah yang disanggrai, misses, buah kering, kenari, almond…dll terserahlah suka-suka deh….nggak dikasih apa-apa juga udah enak kok…

Vla :
  • 1 gelas susu cair
  • 1 buah kuning telur
  • 1 sendok makan maizena
  • 1 bungkus agar-agar putih (bila suka, spy toppingnya bisa keras kayak agar kalau dingin)
  • 1l air
Bahan vla semuanya dicampur ya, hati-hati masukin kuning telurnya agar tidak pecah dan bisa menyatu di vlanya. Tips : di kasih air dulu di encerin baru di campur sama adonan vla di panci sebelum mendidih….trus masak sampai kental sambil terus diaduk. Angkat dinginkan

Bikin cakenya begini :
Taruh semua bahan cake dalam mangkok besar/ baskom. Aduk dengan mixer selama ½ menit dengan kecepatan rendah, sambil sekali-sekali di aduk dengan sendok kayu agar semua adonan tercampur rata. Setelah itu kocok dengan kecepatan tinggi selama 3 menit, jangan terlalu lama karena kue bisa bantat nanti bentuknya kalau kelewatan waktunya. Terus tuang keloyang yg sdh dilapisi minyak dan ditaburi terigu. Sebelumnya oven udah dipanasin dulu ya kira-kira 160 c, panggang adonan di oven 30 -40 menit. Setelah matang keluarkan, dinginkan. Setelah itu tuangkan vla di atasnya taburi keju parut biarkan dingin. Simpan di lemari es…kue lebih enak dinikmati dingin.. rasanya manis dan gurih… hmmmm yummy. O iya sewaktu di oven bagian atasnya kalau sudah matang memang agak retak-retak sedikit/ agak sedikit merekah tetapi ndak dalam , cuma sedikit. Itu bertanda kue udah matang dan kalau di tusuk lidi ke dalam, lidinya tetap kering…. Nah bagian ini nanti kalau di tumpahkan ke piring ada di bawah… Aslinya atasnya pakai frosting atau coklat cair, tapi pakai vla ini juga enak




Tidak ada komentar:

Posting Komentar