Jumat, 07 Januari 2011

Tips untuk Manisan Buah Kering



Teman yang ‘luwes‘ untuk tambahan adonan kue kering, cake, puding, atau vla. Sebelum  mencampurkannya ke dalam masakan, simak tipsnya :   

  1. Manisan buah kering merupakan makanan olahan yang dibuat dari: aprikot, kismis, sultana, ceri, prune, atau kurma yang dikeringkan untuk mengurangi kadar airnya.
  2. Buah kering punya rasa manis lebih kuat dibanding buah segar. Karena, dalam proses pengeringannya, kandungan air menguap dan yang tersisa hanya kandungan gulanya. Terkadang diberi tambahan gula sebagai pemanis.
  3. Pilih buah kering dalam kondisi utuh dengan tekstur elastis (tidak lembek).
  4. Sebelum mencampurkan buah kering ke dalam adonan (cake, kue kering, atau puding), rendam terlebih dahulu buah kering ke dalam air panas agar lunak dan lembap. Kondisi ini akan membuat buah kering tidak ‘memisah’, terutama saat cake atau puding dipotong.
  5. Supaya buah kering tidak tenggelam ke dasar cake atau puding, setelah buah direndam, keringkan dengan tisu dapur. Potong-potong sesuai keinginan. ’Bedaki’ dengan sedikit tepung terigu, baru campurkan ke dalam adonan. Terigu membantu menghalangi resapan cairan adonan ke dalam buah kering.
  6. Agar tidak lekas berjamur, simpan di lemari pendingin dalam wadah kedap udara.
sumber tulisan dan foto : http://www.femina-online.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Titip pesan :

Karena RASA itu relatif, maka jangan kaget kalau ternyata sajian kami tidak cocok dilidah Anda.

Karena rejeki itu bukan kita yang mengatur, maka jangan putus asa bila belum terlihat hasil nyata.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...