Laman

Selasa, 18 Januari 2011

Jeruk Nipis


Kandungan Jeruk Nipis dan Manfaatnya

Tanaman Jeruk nipis termasuk pada famili Rutaceae. Jeruk nipis biasanya cukup ditanam di pekarangan rumah atau di kebun yang tidak membutuhkan lahan luas. Tanaman ini dapat tumbuh di tanah yang kurang subur. Namun, perlu juga diperhatikan kandungan air yang terdapat pada tanah karena tanaman jeruk nipis harus dengan mudah mendapatkan air dan sinar matahari sempurna.
Sari buah dalam kandungan jeruk nipis biasanya dimanfaatkan sebagai penyedap masakan, diolah menjadi minuman segar, sebagai bahan pembuat asam sitrat, serta dapat membersihkan karat pada bahan logam atau wadah yang kotor. Di samping itu, jeruk nipis dapat digunakan sebagai campuran obat tradisional maupun jamu.
Kandungan dan Khasiat Jeruk Nipis
Buah jeruk nipis memiliki rasa pahit, asam, sedikit dingin, sangat berkhasiat bagi tubuh manusia, dan sangat ampuh mengobati berbagai penyakit. Jeruk nipis kaya akan unsur-unsur senyawa kimia yang bemanfaat bagi tubuh manusia.
Tumbuhannya mengandung minyak atsiri yang di dalamnya terlarut senyawa-senyawa kimia, seperti linalin asetat, geranil asetat, sitral, limonen, dan fellandren. Air buah Jeruk nipis mengandung 8 persenasam sitrat.
Selain itu, jeruk nipis mengandung asam sitrat. Dalam 100 gram buah jeruk nipis, mengandung vitamin C 27 mg, vitamin B1 0,04 mg, kalsium 40 mg, kalori 37 gr, fosfor 22 mg, protein 0,8 gr, zat besi 0,6 mg, hidrat arang 12,4 gr, air 86 gr dan lemak 0,1 gr.
Buah jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit, seperti batuk, peluruh dahak, peluruh keringat, membantu proses pencernaan, sesak nafas, influenza, demam, panas pada malaria, menambah stamina, batu ginjal, dan haid.
Selain itu, jeruk nipis membantu melangsingkan badan, membersihkan ketombe, menghilangkan lender di tenggorokan, dan peluruh kencing.Bunga dan daun jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengobati penderita tekanan darah tinggi (hipertensi).
Dalam pengobatan tradisional, bagian utama jeruk nipis yang dimanfaatkan adalah buahnya, tetapi akar, daun, dan bunga juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit tertentu. Akar Jeruk nipis yang direbus bersama air bisa mengobati disentri dan air rebusan kulit akarnya bisa digunakan untuk obat demam.
Sementara itu, air rebusan daun jeruk nipis bisa digunakan untuk obat kumur pada penderita radang mulut dan tenggorokan. Apabila dicampur dengan buah Pinang, bisa menyembuhkan sakit perut.
Untuk pemanfaatan jeruk nipis sebagai pengobatan yang diminum, siapkan 1-2 buah jeruk nipis, kemudian diperas. Air jeruk nipis yang telah diperas bisa langsung diminum atau dicampur dengan ramuan obat tradisional lainnya.
Untuk pengobatan luar, aduk rata air jeruk nipis dicampur dengan bahan lain, lalu balurkan atau dikompreskan ke bagian tubuh yang sakit. Misalnya, demam, sakit perut, sakit gigi, kepala pusing, ketombe,jerawat, dan sebagainya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!




-------------------------------------------------------------------------------------------------

Cara Mudah Alami Turunkan Kadar Lemak Darah Alias Kolesterol




Selain mengonsumsi obat dari dokter, ada cara alami yang dapat dicoba untuk menurunkan kadar lemak dalam darah. Caranya mudah, bahkan yang diperlukan pun gampang didapatkan.
ehow.com
- Ambil jeruk nipis yang segar, cuci bersih.
- Jeruk nipis dibelah empat, lalu iris tipis-tipis.
- Masukkan irisan jeruk nipis dengan kulitnya ke dalam mug atau gelas.
- Tuangkan air panas ke dalamnya sampai penuh, lalu tutup rapat.
- Tunggu kira-kira 30 menit, lalu minum sampai habis.
- Lakukan sehari dua kali, setiap pagi dan malam hari sebelum tidur.
Perlu diketahui, jeruk nipis tidak menyebabkan perih pada lambung. Jeruk nipis juga jangan dikupas karena pada kulitnya terdapat kandungan minyak yang diperlukan untuk pengobatan.
Selain jeruk nipis banyak lagi buah dan sayuran yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol di antaranya pepaya, jambu biji, apel, jeruk, nanas, belimbing, belimbing wuluh, kiwi, rambutan, mangga, kol, kembang kol, bayam, seledri, kapri, wortel, brokoli, avokad, jeruk lemon, pare, sawi hijau, labu kuning, taoge, paprika, bawang bombay, dan bawang putih.
Berikut ini sebagian dari resep jus buah dan sayuran yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol, sebagaimana yang terdapat dalam buku “Rahasia Sehat dengan Jus Buah dan Sayuran” karya Budi Sutomo & dr. Gatot Ibrahim.


1. Kiwi Smoothie
Bahan:
- 150 gram kiwi, kupas, potong-potong
- 60 gram kacang kapri manis, potong-potong
- 150 ml yoghurt tawar/plain yoghurt
- 1 sdm air jeruk nipis
- 1 sdm madu
- 3 potong es batu


Cara Membuat:
Masukkan potongan kiwi, kapri, yoghurt, air jeruk nipis, madu dan es batu ke dalam tabung blender. Haluskan hingga lembut. Tuang jus ke dalam gelas saji. Hidangkan segera.


2. Mango Juice
Bahan:
- 150 gram mangga, kupas, potong-potong
- 100 gram rambutan, ambil daging buahnya
- 1 sdm air jeruk lemon
- 3 potong es batu


Cara Membuat:
Masukkan potongan mangga, rambutan, air jeruk lemon, dan potongan es batu ke dalam tabung blender. Haluskan hingga lembut. Tuang ke dalam gelas saji. Sajikan segera.
Untuk 1 gelas


3. Spicy JuiceBahan:
- 200 gram pepaya, kupas, potong-potong
- 100 gram nanas, potong-potong
- 50 gram taoge
- 1 siung bawang putih
- 1 sdm air asam jawa
- 3 potong es batu


Cara Membuat:
Masukkan potongan pepaya, nanas, taoge, bawang putih, dan air asam jawa ke dalam tabung blender. Haluskan hingga lembut. Tuang ke dalam gelas saji. Tambahkan beberapa potong es batu. Hidangkan segera.
Untuk 1 gelas


4. Jus Pisang Avokad
Bahan:
- 60 gram pisang ambon, kupas, potong-potong
- 100 gram avokad, ambil daging buahnya
- 150 gram mentimun, potong-potong
- 1 sdm air jeruk nipis
- 1 sdm madu
- 3 potong es batu


Cara Membuat:
Proses mentimun dengan juice extractor, sisihkan sarinya. Masukkan sari mentimun, potongan pisang, madu, avokad, air jeruk nipis, dan es batu ke dalam blender. Haluskan hingga lembut. Tuang ke dalam gelas saji. Hidangkan segera.
Untuk 1 gelas. (fn/km/vs) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar